Manajemen Public Relations dalam sosialisasi program pemberian insentif guru ngaji: Studi deskriptif pada program pendidikan keagamaan Dinas Pendidikan Kota Cimahi

Robiah, Nisa (2020) Manajemen Public Relations dalam sosialisasi program pemberian insentif guru ngaji: Studi deskriptif pada program pendidikan keagamaan Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi merupakan perangkat pelaksana urusan pemerintahan di bidang pendidikan. Disdik diberikan tugas dan kewenangan dalam mengelola program pemberian insentif guru ngaji. Program ini merupakan program prioritas dalam mewujudkan visi Cimahi Agamis dengan mensejahterakan guru ngaji yang sering luput dari perhatian masyarakat maupun pemerintah. Peran guru ngaji sangat penting sebagai tenaga pengajar pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas, berilmu agama dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses sosialisasi yang dilakukan Disdik Cimahi dalam program pemberian insentif guru ngaji mulai dari tahap fact finding, tahap perencanaan, tahap bertindak dan berkomunikasi sampai dengan tahap evaluasi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep manajemen public relations (four steps public relations). Konsep ini dipilih karena relevan dengan tahapan-tahapan yang ditempuh Disdik Cimahi dalam mensosialisasikan program insentif guru ngaji. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen public relations yang dilakukan Disdik Cimahi dalam sosialisasi program pemberian insentif guru ngaji diawali dengan tahap (1) pencarian data (fact finding) meliputi a) analisis program dan b) analisis khalayak. Tahap (2) perencanaan meliputi a) penetapan tujuan, b) menyusun kerangka acuan kerja (KAK), c) menetapkan target sasaran dan d) menyusun anggaran. Tahap (3) bertindak dan berkomunikasi meliputi a) penentuan sifat, tatanan dan jenis komunikasi, b) menyusun pesan sosialisasi dan c) menentukan komunikator sosialisasi. Tahap (4) yaitu evaluasi pada tingkat dampak/efek. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Cimahi telah melakukan manajemen sosialisasi Program Pemberian Insentif Guru Ngaji sesuai dengan tahapan dalam konsep manajemen public relations (four steps public relations).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen public relations; insentif guru ngaji; Cimahi agamis; Disdik Cimahi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nisa Robiah
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:57
Last Modified: 17 Sep 2020 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33322

Actions (login required)

View Item View Item