Penerapan Task-Based Learning (TBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Penentuan Indikator Alam

Apep Nurdiyanto, Apep (1211208009) (2015) Penerapan Task-Based Learning (TBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Penentuan Indikator Alam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Task-Based Learning (TBL) merupakan metode pembelajaran yang memberikan tugas peran berbeda kepada setiap siswa. Peran penting yang harus dijabarkan yaitu perencana, pengumpul informasi, pengorganisir data, pendesain skema, penyiap percobaan dan penyaji. Metode Task-Based Learning (TBL) diterapkan untuk mengetahui sejauh mana peran aktif siswa dalam pembelajaran penentuan indikator alam, mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan setiap tahap LKS Task-Based Learning (TBL) dan mengetahui pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas dengan subjek penelitian 30 siswa kelas XII IPA 2 SMA Mekar Arum Bandung. Instrumen yang digunakan adalah format observasi siswa, LKS Penentuan Indikator Alam dengan metode Task-Based Learning (TBL) dan tes keterampilan berpikir kritis beserta tugas peran dalam LKS. Pengolahan data dilakukan dengan mengidentifikasi format observasi siswa, LKS dan hasil tes keterampilan berpikir kritis beserta tugas peran dalam LKS, setelah itu dikelompokkan berdasar pada kelompok prestasi ulangan harian sebelumnya dan dihitung rata-rata nilai yang diperoleh kemudian hasilnya diubah ke dalam bentuk persen dan ditafsirkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran penentuan indikator alam dengan metode Task-Based Learning (TBL) sangat baik. Rata-rata nilai keaktifan siswa berdasarkan kelompok prestasi adalah ≥ 88 dengan predikat sangat baik. Rata-rata nilai setiap tahap LKS masing-masing kelompok belajar adalah ≥ 84 dengan predikat sangat baik. Sementara rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis yang diperoleh masing-masing kelompok prestasi ≥ 75 dengan predikat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Task-Based Learning (TBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Indikator Alam.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:12
Last Modified: 14 Feb 2017 09:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item