Penerapan Model ELiciting ACtivities (MEAs) berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada Kelas VIII di SMPN 17 Kota Bandung

Aulia, Muthia (2019) Penerapan Model ELiciting ACtivities (MEAs) berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada Kelas VIII di SMPN 17 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 17 Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis adalah dengan menerapkan Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan GeoGebra. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menggunakan MEAs berbantuan GeoGebra dan konvensional, (b) Perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa antara yang menggunakan MEAs berbantuan GeoGebra dan konvensional, dan (c) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis pada siswa yang menggunakan MEAs dan konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes kemampuan koneksi matematis dan lembar skala sikap disposisi matematis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menggunakan MEAs dan konvensional. (b) Terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa antara yang menggunakan MEAs dan konvensional, dan (c) Kesulitan siswa dapat diminimalisir dengan cara pemberian latihan soal non rutin. Pembelajaran dengan menggunakan MEAs menjadikan siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan mereka sendiri, dan menyajikan permasalahan matematika yang didasarkan pada situasi kehidupan sehari-hari siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Eliciting Activities; GeoGebra; Koneksi Matematis; Disposisi Matematis.
Subjects: Education, Research
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muthia Aulia
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:54
Last Modified: 24 Jun 2019 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21056

Actions (login required)

View Item View Item