Manajemen pembelajaran kitab kuning: Penelitian di Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Ferisal, Rizki Ikhwan (2007) Manajemen pembelajaran kitab kuning: Penelitian di Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ada pada Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah dalam manajemen pembelajaran kitab kuning yaitu pada tahap perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan tidak ada dokumen tertulis dalam bentuk silabus atau pun RPP sebagai pegangan pengajar dalam memberikan materi kepada santri pada setiap pertemuannya. Sedangkan pada tahap pelaksanaan yaitu pada periode pertama santri masuk pesantren mereka masih belum siap dan belum mampu untuk mempelajari kitab kuning secara langsung. Kendala yang mereka hadapi yaitu belum mempunyai kemampuan dasar seperti membaca dan menghapal kosakata bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) latar alamiah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah. Sedangkan fungsi dalam manajemen pembelajaran kitab kuning meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah dilakukan dengan membuat daftar pelajaran yang dirumuskan dalam kegiatan rapat dewan guru pada setiap awal semester. Sedangkan untuk materi pelajaran yang akan diberikan kepada santri maka itu diserahkan sepenuhnya kepada pengajar yang bersangkutan; (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan menyiapkan kelas bagi santri baru dengan membuka long class (kelas jauh) untuk kelas Tahmidi (persiapan) sebelum masuk ke kelas satu. Di kelas jauh tahmidi, santri diberikan pengetahuan tentang bagaimana membaca tulisan Arab dan materi dasar lainnya; (3) Evaluasi pembelajaran kitab kuning dilaksanakan pada tiap akhir semester. Evaluasi tersebut mencakup evaluasi lisan dan tulisan yang mengulas materi pelajaran selama satu semester ke belakang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; Kitab Kuning;
Subjects: Culture and Institutions > Religious Institution
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizki Ikhwan Ferisal
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:51
Last Modified: 03 Sep 2019 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item View Item