Penerapan metode Tartili dalam pembelajaran Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian Quasi Eksperimen di MTs Baiturrahim Cimahi

Salsabila, Ratu Mutiara (2022) Penerapan metode Tartili dalam pembelajaran Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian Quasi Eksperimen di MTs Baiturrahim Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover-1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak-1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1-1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Baiturrahim masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar, baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. Hal ini terjadi karena kurangnya bimbingan dari orang tua di rumah, dan orang tua terlalu menyerahkan kepada pihak sekolah, dan di sekolah pun belum ada metode Al-Quran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca AlQuran siswa di MTs Baiturrahim sebelum diterapkan metode Tartili; 2) Proses penerapan metode Tartili dalam pembelajaran Tahsin Al-Quran di MTs Baiturrahim; 3) Hasil penerapan Metode Tartili dalam pembelajaran Tahsin AlQuran di MTs Baiturrahim. Secara teoretis, Metode Tartili diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran karena metode Tartili ini dapat menuntut siswa belajar aktif, kreatif, inovatif. Tentunya tentunya metode Tartili berkaitan dan erat hubungannya terhadap kemampuan membaca Al-Quran peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data untuk data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Kemampuan membaca AlQuran siswa di MTs Baiturrahim sebelum menggunakan metode Tartili memiliki nilai rata-rata 72.2. 2) Proses penerapan metode Tartili memiliki rata-rata tingkat keterlaksanaan sebesar 78 % dan termasuk dalam kategori baik karena berada pada rentang interval 70 – 80. 3) Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa setelah di terapkan metode Tartili memiliki rata-rata 87.55 termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang interval 86 – 100. Peningkatan hasil belajar siswa memiliki skor N-Gain 0.54 termasuk dalam kategori sedang karena berada pada rentang interval (0.30 < N-Gain < 0.70). Berdasarkan hasil uji t, peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada pembelajaran Tahsin dipandang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Tartili; Tahsin; Kemampuan Membaca Al-Quran
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Ratu Salsabila
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:35
Last Modified: 16 Dec 2022 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61777

Actions (login required)

View Item View Item