Pengaruh pengetahuan dan persepsi mahasiswa terhadap minat investasi saham di Pasar Modal Syariah: Studi kasus pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mauluddin, Muhammad Juniar (2022) Pengaruh pengetahuan dan persepsi mahasiswa terhadap minat investasi saham di Pasar Modal Syariah: Studi kasus pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan pasar modal di Indonesia merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tentunya memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Saham merupakan salah satu instrumen di pasar modal syariah. Namun pada kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa muslim banyak yang belum melek investasi saham padahal sangat penting melakukan investasi semasa muda untuk menunjang masa depan. Minat berinvestasi saham tentu dilandasi berbagai faktor diantaranya adalah pengetahuan dan persepsi mahasiswa tentang investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Pengetahuan mahasiswa tentang investasi terhadap minat berinvestasi saham di pasar modal Syariah. 2) Persepsi mahasiswa tentang investasi terhadap minat berinvestasi saham di pasar modal Syariah.3) Pengetahuan dan persepsi mahasiswa tentang investasi terhadap minat berinvestasi saham di pasar modal Syariah. Landasan teori dalam penelitian ini adalah semakin luas pengetahuan tentang investasi maka memiliki kecenderungan untuk lebih menginvestasikan asetnya pada saham. dengan mengetahui manfaat investasi saham seseorang akan percaya terhadap proses atau sistem investasinya dan kemudian mengambil keputusan lebih lanjut untuk berinvestasi saham. Minat investasi dapat dinilai dengan presentase individu dalam menentukan besarnya dana yang diinvestasikan di pasar modal Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berasalkan dari survey kuisioner (Google Form) yang disebar kepada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan melalui pengujian uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Kemudian dalam pengolahannya menggunakan bantuan software SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari jawaban responden variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi saham di pasar modal Syariah mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang ditunjukan dalam nilai yaitu sebesar 4,139 > 1,985; Persepsi secara parsial berpengaruh positif siginifikan terhadap minat investasi saham di pasar modal Syariah mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang ditunjukan dalam dalam nilai yaitu sebesar 4,884 > 1,985; Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi saham, ditunjukkan dalam nilai 46,610 > 3,089.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; persepsi; minat investasi
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Juniar Mauluddin
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:17
Last Modified: 04 Oct 2022 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59020

Actions (login required)

View Item View Item