Penerapan model Ppembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Fiqih pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MAN 1 Karawang

Nurazizah, Yulia (2022) Penerapan model Ppembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Fiqih pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MAN 1 Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya. Proses pembelajaran sangat erat kaitannya dengan penerapan model pembelajaran. Model pembelajaran konvensional dinilai tidak cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Group Investigation diasumsikan sebagai model pembelajaran kooperatif yang berpusat pada siswa yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 1 Karawang, untuk mengetahui hasil belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 1 Karawang, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada mata pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Karawang. Group investigation merupakan model pembelajaran kelompok yang menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pada model pembelajaran ini, siswa terlibat secara aktif mulai dari proses perencanaan hingga evaluasi. Siswa yang aktif selama proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh. Hasil belajar meruapakan perubahan yang relatif menetap dari adanya proses pengalaman. Peningkatan hasil belajar ini terlihat dari nilai tes yang diperoleh siswa. Peneltian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampel. Peneltian ini dilakukan pada kelas X, dan terdapat kelas eksperimen dan kelas control. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pre-test, dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sisiwa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran Fiqih dapat dilaksanakan dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menghasilkan nilai sebesar 83% dan termasuk kategori sangat baik. Model pembelajaran group investigation juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X di MAN 1 Karawang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test dan post-test. Pada kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 17,73, sedangkan pada kelas kontrol mengalami kenaikan rata-rata sebesar 9,6. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran group investigation lebih berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Maka dari itu, disarankan untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang bervariatif agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya bisa dengan menggunakan model group investigation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; group investigation; hasil belajar; siswa; fiqih.
Subjects: Education
Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Statistic of Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Nurazizah
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:53
Last Modified: 20 Jul 2022 00:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53535

Actions (login required)

View Item View Item