Perilaku konsumtif masyarakat terhadap online shop : Penelitian pada masyarakat Cibaduyut Dalam, Kelurahan Cibaduyut, Kota Bandung

Yahya, Fafa Mushthofa (2021) Perilaku konsumtif masyarakat terhadap online shop : Penelitian pada masyarakat Cibaduyut Dalam, Kelurahan Cibaduyut, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku sosial terjadi karena seseorang memiliki perilaku yang variatif sehingga diimbangi dengan ganjaran yang diterima oleh masyarakat. Perilaku konsumtif merupakan salah satu perilaku sosial yang mengonsumsi barang secara berlebihan sehingga timbul sifat irasional yang mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif ini bisa terjadi oleh siapa saja, hal itu tergantung bagaimana seseorang dalam mengatur image standar diri dan kualitas penampilan agar menjadi pusat perhatian ke dalam lingkungan masyarakat. Online shop adalah objek masyarakat yang dinilai konsumtif karena online shop merupakan platform belanja yang dilakukan secara online, praktis dan mudah digunakan, fleksibel tanpa dibatasi oleh waktu. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat Cibaduyut Dalam melakukan perilaku konsumtif terutama dalam penggunaan online shop serta solusi masyarakat Cibaduyut Dalam mengurangi perilaku konsumtifnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara observasi ke lapangan, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Selain itu sumber data yang dikelola oleh penulis menggunakan dua jenis, yakni sumber data primer yang bersumber dari elemen masyarakat dan tokoh masyarakat sebagai informan wawancara dan sumber data sekunder yang bersumber dari beberapa pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab masyarakat Cibaduyut Dalam berperilaku konsumtif terhadap online shop adalah karena tergiurnya sistem promosi baik diskon, cuci gudang, hingga event bulanan yang tersedia di online shop. Sehingga dampak yang ditimbulkan oleh masyarakat Cibaduyut Dalam sangat signifikan mulai dari berkurangnya keuangan yang disebabkan membeli barang dalam jumlah banyak, berkurangnya interaksi dengan masyarakat, hingga barang yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan barang yang dijual di online shop. Meski begitu, mereka menemukan solusinya yakni menjual kembali barang yang sudah mereka beli secara berlebihan. Mereka sangat selektif dalam menjual barang tersebut dan bagi yang membutuhkan. Dari hasil menjual barangnya mereka bisa me manage kembali finansial dan mengurangi pemakaian online shop, serta membatasi lingkaran pertemanan yang memiliki kebiasaan hedonisme sebagai solusi mengurangi perilaku konsumtifnya terhadap online shop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku sosial; Perilaku Konsumtif; Online Shop
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fafa Mushthofa Yahya
Date Deposited: 15 Dec 2021 00:56
Last Modified: 15 Dec 2021 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46834

Actions (login required)

View Item View Item