Pembuatan media pembelajaran stereoisomer berbasis Augmented Reality

Al Ghonny, Firyal Aulia (2021) Pembuatan media pembelajaran stereoisomer berbasis Augmented Reality. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis Augmented Reality merupakan salah satu media yang dinilai efisien untuk dapat merepresentasikan bentuk 3D molekul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tampilan media AR pada materi stereoisomer dan menganalisis hasil uji validasi serta hasil uji kelayakan media. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan pendekatan ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan dimulai dari analisis masalah, perancangan, pengembangan desain, uji validasi, dan uji kelayakan. Hal ini dilakukan untuk memperoleh umpan balik berupa rekomendasi perbaikan terhadap aspek pembelajaran, aspek materi, aspek button, aspek komunikasi visual, dan aspek rekayasa perangkat lunak. Tampilan media pembelajaran AR yang dihasilkan berkarakter visual dan interaktif, sehingga dapat membantu mahasiswa dalam representasi konsep submikroskopik. Hasil uji validasi secara keseluruhan menghasilkan nilai rhitung 0,80-0,93 dan dinyatakan valid. Sedangkan, hasil uji kelayakan berdasarkan tanggapan dari 20 orang mahasiswa menunjukkan tanggapan yang baik sebesar 82,50% - 93,12%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis AR pada materi stereoisomer layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality;Media Pembelajaran;Stereoisomer
Subjects: Chemistry and Allied Science
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Firyal Aulia Al Ghonny
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:18
Last Modified: 01 Sep 2021 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42461

Actions (login required)

View Item View Item