Penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan SQ4R (Survey Question Read Recite Review Reflect) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Kota Bandung

Nurjanah, Wini (2017) Penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan SQ4R (Survey Question Read Recite Review Reflect) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (982kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model CIRC, SQ4R dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, didapat kelas VIII-A, VIII-B dan VIII-F. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model CIRC dan SQ4R; (b) peningkatan serta perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (c) perbedaan pencapain kemampuan komunikasi matematis siswa (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model CIRC dan SQ4R. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal komunikasi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi sangat baik; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran SQ4R, CIRC dan pembelajaran konvensional; (c) Hasil analisis data posttest menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran CIRC, SQ4R dan pembelajaran konvensional; (d) Berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dan SQ4R diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CIRC; SQ4R; komunikasi matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Linguistics > Mathematical Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:37
Last Modified: 20 Jul 2020 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item