Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Beriman Kepada Malaikat: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Al-Islam Kota Bandung

Hartati, Tati (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Beriman Kepada Malaikat: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Al-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Al-Islam Kota Bandung, peneliti mendapat informasi bahwa motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti masih rendah. Kurangnya motivasi siswa dalam proses belajar mengajar dikarenakan adanya faktor penghambat yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Masalah yang muncul adalah siswa banyak mengobrol ketika proses pembelajaran, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas. Tujuan penggunaan model pembelajaran adalah untuk mengetahui: 1). Kondisi motivasi belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle, 2). Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle dan 3). Motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas X SMA Al-Islam Kota Bandung. Beragam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Salah satunya yaitu dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Pictorial Riddle. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh:1) motivasi belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle dengan persentase ketuntasannya 66,8% kategori cukup. 2) Proses Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama 52,94%, aktivitas siswa 52,63% dan aktivitas guru siklus I pertemuan kedua 82,35%, aktivitas siswa 84,21%. Hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama 88,23%, aktivitas siswa 89,47%, dan aktivitas guru siklus II pertemuan kedua 100%, aktivitas siswa 100%. 3) Motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle meningkat, berdasarkan hasil angket siklus I dengan presentase 84,45% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II 95,9 % dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inquiry;Pictorial Riddle;Motivasi Belajar.
Subjects: Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tati Hartati
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:09
Last Modified: 25 Sep 2018 06:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item