Strategi wartawan foto dalam menentukan sudut pengambilan foto sepakbola: Studi fenomenologi pewartawa foto Persib Bandung pada website persib.co.id

Burhanudin, Ahmad Abdul Mugits (2022) Strategi wartawan foto dalam menentukan sudut pengambilan foto sepakbola: Studi fenomenologi pewartawa foto Persib Bandung pada website persib.co.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini pemberitaan mengenai olahraga selalu dinantikan dengan antusias oleh para peminatnya. Tim sepak bola seperti Persib Bandung kini memfasilitasinya melalui portal berita yang ada pada laman website resmi milik klub. Informasi berita pada portal berita milik persib yang terdapat di domain website Persib.co.id dilengkapi juga foto berita yang menjadi daya tarik khalayak. Maka dari itu keahlian fotografer menjadi syarat untuk menciptakan sebuah foto yang dapat membangkitkan gairah pembaca. Dari penempatan angle kamera sendiri fotografer profesional sudah dapat mencapai hal tersebut. Oleh karenanya pemahaman, pemaknaan serta pengalaman fotografer mengenai strategi angle foto olahraga jadi tolak ukur keberhasilan Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran fotografer dalam menentukan sudut pengambilan gambar yang diterbitkan pada portal berita di website Persib Bandung dapat menyajikan dan menyampaikan pesan tersirat kepada khalayak pengakses berita online di website Persib Bandung (Persib.co.id). Penelitian ini menggunakan teori atau metode fotografi EDFAT. EDFAT merupakan metode yang digunakan fotografer pada persiapan pemotretan. Metode ini biasa digunakan oleh fotografer jurnalistik sebagai acuan dasar dalam mengklasifikasi foto mana saja yang dianggap memenuhi kaidah kejurnalistikan dan mengandung pesan bagi khalayak. EDFAT sendiri merupakan singkatan dari Entire, Detail, Framming, Angle, dan Timing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Angle foto; pewarta foto; foto jurnalistik olahraga; Persib Bandung
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ahmed Mugits Burhanudin
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:01
Last Modified: 03 Jan 2023 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62421

Actions (login required)

View Item View Item