Peningkatan kemampuan multipel representasi matematis dan self efficacy melalui pembelajaran Concrete Pictorial Abstrak (CPA) berbasis metakognitif

Hilmawan, Helmi (2019) Peningkatan kemampuan multipel representasi matematis dan self efficacy melalui pembelajaran Concrete Pictorial Abstrak (CPA) berbasis metakognitif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di MA Khusus Banjaran, Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan representasi dan self efficacy adalah dengan menerapkan model pembelajaran concrete pictorial abstrak (CPA) berbasis metakognitif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa; (c) perbedaan Self efficacy siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan concrete pictorial abstrak (CPA) berbasis metakognitif; (d) kesulitan siwa dalam menyelesaikan soal multiple representatasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan multipel representasi matematis antara siswa yang menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dan pembelajaran konvensional. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan multipel representasi matematis antara siswa yang menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dengan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) berklasifikasi (tinggi, sedang dan rendah). (c) Self efficacy siswa setelah menggunakan pembelajaran concrete pictorial abstrak (CPA) berbasis metakognitif meningkat. Dengan demikian, pembelajaran concrete pictorial abstrak (CPA) berbasis metakognitif efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Concrete;Pictorial;Abstrak;Matematika;Metakognitif
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Faisal Hakim
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:23
Last Modified: 02 Dec 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61257

Actions (login required)

View Item View Item