Pengaruh Human Relations terhadap motivasi belajar masa pandemi Covid-19 : Studi kausalitas kalangan pelajar SMAN 2 Kota Medan

Fristanti, Nadya Alifa (2022) Pengaruh Human Relations terhadap motivasi belajar masa pandemi Covid-19 : Studi kausalitas kalangan pelajar SMAN 2 Kota Medan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan humas pada lembaga pendidikan tidak hanya terbatas pada hubungan sekolah dengan masyarakat, tetapi harus mempertimbangkan opini publik yang lebih luas. Humas di sekolah harus mampu menjalin hubungan positif dengan siswa agar dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Humas SMAN 2 Kota Medan menjalankan suatu kegiatan human relations dalam meningkatkan motivasi belajar siswa masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan human relations terhadap motivasi belajar siswa masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh lembaga pendidikan SMAN 2 Kota Medan. Paradigma penelitian yang digunakan adalah positivistik dengan metode kuantitatif dan menggunakan riset survei atau kuesioner sebagai teknik metode pengumpulan data. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 92 orang responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik analisis hasil data yang digunakan adalah teknik analisis uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t sebagai uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi Y = 13,178 + 0,510X dengan hasil output tabel Anova memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan human relations terhadap motivasi belajar siswa SMAN 2 Kota Medan. Besar dari nilai koefisien determinasi diperoleh 0,437 atau sama juga dengan 43,7%. Hasil dari pengujian regresi sederhana antar sub variabel pada variabel X (human relations) terhadap variabel Y (motivasi belajar) menunjukan besar pengaruh sub variabel ketertarikan (attraction) terhadap motivasi belajar adalah sebesar 37,3% dan pengaruh sub variabel konstruksi budaya (cultural) terhadap motivasi belajar adalah sebesar 45,6% terhadap motivasi belajar siswa SMAN 2 Kota Medan. Simpulan penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan human relations terhadap motivasi belajar kalangan SMAN 2 Kota Medan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Human relations; Motivasi belajar; SMAN 2 Kota Medan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nadya Alifa Fristianti
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:57
Last Modified: 03 Nov 2022 05:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60403

Actions (login required)

View Item View Item