Pengaruh kompetensi profesional Dosen terhadap hasil belajar dan orientasi masa depan peserta didik dengan layanan akademik sebagai mediator : Penelitian di Karang Taruna Institute - Bandung Barat

Indra Irawan, Feri (2022) Pengaruh kompetensi profesional Dosen terhadap hasil belajar dan orientasi masa depan peserta didik dengan layanan akademik sebagai mediator : Penelitian di Karang Taruna Institute - Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi menjadi salah satu hal dasar yang wajib dimiliki oleh suatu profesi untuk dapat bekerja secara optimal, dan mencapai target yang diharapkan sesuai dengan profesinya, begitupun dengan tenaga pendidik. Kompetensi guru merupakan suatu kumpulan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan yang harus dimiliki guru atau tenaga pendidik untuk mencapai pembelajaran dan pendidikan. Kegiatan pendidikan di tengah pandemi Covid-19 menjadi suatu tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik, dikarenakan munculnya beberapa kebijakan baru dari pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus khususnya pada lembaga pendidikan. Selain mempengaruhi Tenaga Pendidik, pola baru pendidikan di tengah pandemi juga mempengaruhi peserta didik. Salah satu pengaruh bagi peserta didik adalah menurunnya hasil belajar. Permasalahan tersebut dialami oleh Karang Taruna Institute - Bandung Barat yang berdiri pada tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran kompetensi profesional tenaga pendidik, hasil belajar dan orientasi masa depan peserta didik, serta layanan akademik yang berperan sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Responden merupakan mahasiswa Karang Taruna Institute - Bandung Barat yang berjumlah 105 orang. Pengumpuan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Kompetensi profesional tenaga pendidik berperan positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Karang Taruna Institute Bandung Barat. (2) Kompetensi profesional tenaga pendidik kurang berperan positif dan signifikan terhadap orientasi masa depan peserta didik di Karang Taruna Institute Bandung Barat. (3) Kompetensi profesional tenaga pendidik berperan positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Karang Taruna Institute Bandung Barat melalui kualitas layanan akademik. (4) Kompetensi profesional tenaga pendidik berperan positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Karang Taruna Institute Bandung Barat melalui kualitas layanan akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Dosen; Hasil Belajar; Orientasi Masa Depan; Kualitas Layanan Akademik
Subjects: Specific Field of Public Administration > Departments of Education
Education > Psychology of Education
Higher Education, Universities > Higher Education in Indonesia
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feri indra irawan
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:26
Last Modified: 12 Oct 2022 05:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59757

Actions (login required)

View Item View Item