Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di lini bisnis pesantren: Studi kasus di PT. Daqu Bisnis Nusantara Tanggerang

Al Imran, Ilham (2022) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di lini bisnis pesantren: Studi kasus di PT. Daqu Bisnis Nusantara Tanggerang. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu faktor keberhasilan untuk setiap usaha yangbergerak dibidang jasa khususnya dalam dunia perbisnisan. Secara umumpelayanan bermakna sebagai cara melayani, membantu, menyiapkan, mengurus,menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang/ kelompok. Adapun aspek yang tidak bisa dipisahkan dari pelayanan yaitu Pelayanan dan melayani. (Fandy,2005). Focus penelitian ini adalah mengukur Pengaruh Penerapan Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Daqu Bisnis Nusantara Tanggerang. Beradsarkan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Daqu Bisnis Nusantara Tanggerang. Islam mengajarkan bahwa dalam memberikan layanan usaha yang dijalankan baik itu berupa barang atau jasa jangan memberikan yang buruk atau yang tidak berkualitas. Sebagai seorang muslim dalam memberikan pelayanan haruslah didasari pada nilai-nilai syariah untuk mewujudkan nilai ketaqwaan dan membuktikan eksitensi keimanannya dalam menjalankan syariat Islam. Hal tersebut dapat dilakukan bukan hanya kepada komitmen semata melainkan bagian dari ibadah yang dijalankan. Dalam Islam yang dijadikan tolak ukur dalam mengukur kualitas pelayanan dengan standarisasi syariah. (Karim, 2010). Islam mengajarkan bila ingin memberikan hasil usaha yang baik, baik itu berupa barang atau jasa hendaklah memberikan yang berkualitas jangan memberikan sesuatu yang buruk atau tidak berkualitas kepada orang lain. Oleh karena kualitas yang diuji bukan hanya teori konvensional melainkan harus didasari oleh konsep yang Syar‟i sesuai yang telah ditetapkan oleh Islam. Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi persepsi masyarakat muslim terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini peneliti melakukan pendekatan menggunakan metode deskriptif-kuantitatif yaitu peneliti akan mengumpulkan berita dan data secara kuantitaif kemudian akan dimuat menggunakan sistematis kemudian akan melalui proses pengolahan data memakai perangkat lunak berupa program SPSS StatisticsViewer Hasil output diterima langkah selanjutnya melihat penekanan penelitian ini berupa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Lini Bisnis Pesantren (Studi Kasus Di Pt. Daqu Bisnis Nusantara Tanggerang). Berdasarkan hasil nilai spesifikasi dari tabel Coefisiensi diperoleh nilai diperoleh nilai t hitung (21,966 > 1,986) dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak (signifikan). Dapat disimpulkan bahwa dimensi responsiveness (H4) secara parsial diterima (berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen daqu bisnis nusantra tanggerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen;Layanan Usaha dan Pelayanan Islami
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ilham Al Imran
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:22
Last Modified: 30 Sep 2022 09:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58301

Actions (login required)

View Item View Item