Efektivitas layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut Kelas XI IPS

Fadlilah, Marwah (2022) Efektivitas layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut Kelas XI IPS. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa-siswi yang teridentifikasi kurang rasa percaya diri karena kurangnya faktor yang mendukung mereka untuk bisa merasa percaya diri seperti faktor lingkungan keluarga, pertemanan dan lain sebagainya. Peneliti menemukan keluhan-keluhan siswa yang dimana mereka kurang percaya diri dan merasa canggung ketika harus berinteraksi dengan teman sebaya ataupun guru. Hal tersebut menjadi penghambat bagi mereka untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dalam rangka memberikan bantuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, peneliti menggunakan pendekatan melalui layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini untuk kondisi sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok, efektivitas, dan hasil setelah dilakukan layanan konseling kelompok di MAN 1 Garut. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa layanan konseling kelompok mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk dapat mengembangkan postensi yang ada pada dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif pre eksperimental dengan design yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa di MAN 1 Garut dengan melalui beberapa tahap konseling kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penyimpulan dan tahap penutup. Hasil dapat dilihat dari hasil posttest yang diberikan menunjukan angka kenaikan dari hasil pretest sebelumnya, dengan jumlah pretest 1202 dalam kategori rasa percaya diri rendah menjadi jumlah posttest 1502 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Konseling Kelompok; Percaya Diri
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Marwah Fadlilah
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:35
Last Modified: 23 Sep 2022 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57922

Actions (login required)

View Item View Item