Strategi pemberitaan Radio Kandaga dalam menjaga eksistensi untuk mendukung penyaluran informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung : Studi kasus pada Radio Kandaga Diskominfo Kabupaten Bandung

Alam, Handika Syukur Nur (2021) Strategi pemberitaan Radio Kandaga dalam menjaga eksistensi untuk mendukung penyaluran informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung : Studi kasus pada Radio Kandaga Diskominfo Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya kemajuan perkembangan zaman di era saat ini khususnya dari segi teknologi informasi dan komunikasi membuat berbagai media terus meningkatkan pelayanan informasinya kepada publik. Untuk mendukung penyaluran berbagai informasi pemerintah daerah sekaligus memenuhi kebutuhan informasi dan pemberitaan kepada publik, media pemerintahan daerah Kabupaten Bandung melalui Radio Kandaga melakukan tugasnya dalam menyalurkan informasi sekaligus pemberitaannya kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai upaya dan strategi pemberitaan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai strategi pemberitaan yang dilakukan oleh Radio Kandaga dalam memberikan berbagai pemberitaan beserta informasi kepada publik, yakni strategi dalam perencanaan (planning), strategi dalam pengorganisasian (organizing), strategi dalam pengarahan (actuating) dan strategi dalam pengawasan (controlling) pada pemberitaan yang dilakukan oleh Radio Kandaga. Dalam mengkaji berbagai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan konsep teori POAC oleh George R. Terry yang memfokuskan pada fungsi manajemen pemberitaan diantaranya perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating) dan pengawasan (controlling). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif untuk bisa mengeksplorasi serta menguraikan hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio Kandaga melakukan pengembangan pemberitaannya dengan menjaga kualitas pemberitaan serta kinerja sumber daya manusia didalamnya dengan menjalankan sejumlah upaya seperti perencanaan persiapan bagi seluruh tenaga kerja, menentukan topik dan angle berita dari sisi program pemerintahan yang up to date, aktual, faktual sekaligus bisa meng-counter berita-berita hoax, melakukan penempatan kerja dengan penyesuaian budaya kerja dan fleksibilitas antar tenaga kerja, melakukan penguatan komitmen dan tanggungjawab kerja, melakukan komando yang jelas, mengadakan pelatihan rutin, hingga melakukan pemantauan secara intensif serta melakukan agenda evaluasi untuk menilai kinerja pemberitaan yang telah dilakukan. Penelitian ini hanya membahas mengenai empat indikator yaitu strategi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya membahas dari subjek, objek atau sudut pandang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberitaan; Radio; Radio Kandaga
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Handika Syukur Nur Alam
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:01
Last Modified: 18 Jan 2022 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48080

Actions (login required)

View Item View Item