Strategi MGT Radio dalam mengemas program Berita di era Digital : Studi kegiatan penyiaran Berita di MGT Radio 101.1 FM Bandung

Amelia, Dea Rizky (2021) Strategi MGT Radio dalam mengemas program Berita di era Digital : Studi kegiatan penyiaran Berita di MGT Radio 101.1 FM Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat termasuk dalam lingkup media massa radio. Radio merupakan media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan berupa berita, informasi maupun hiburan kepada khalayak dengan jangkauan siar yang luas. Pergeseran budaya masyarakat ini seharusnya menjadi peluang radio untuk terus mempertahankan eksistensinya khususnya jurnalistik radio yang mengimbangi portal berita online. Tujuan dari penelitian ialah mendeskripsikan mendeskripsikan strategi media massa radio MGT Radio sebagai jawaban atas kondisi tersebut. Bagaimana MGT Radio 101.1 FM Bandung dalam mencari isu, mengamas konten berita, menyiarkan berita juga menlakukan network konvergensi media dalam penyiarannya. Penelitian ini menggunakan model konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins dalam bukunya yang berjudul Convergence culture where old and new media collide pada tahun 2006. Dalam bukunya Jenkins berasumsi bahwa Konvergensi media adalah suatu prosess yang terjadi sesuai dengan bagaimana perkembangan budaya suatu masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menjelaskan hasil penelitian dalam bentuk narasi. Pada penelitian kualitatif hasil penelitian dijelaskan dengan sedalam-dalamnya dengan cara mengumpulkan data sedalam-dalamnya pula. Penelitian ini didukung oleh model konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins. Hasil dari penelitian ini didapat melalui proses wawancara online bersama informan yang menunjukan bahwa MGT Radio mencari isu berita melalui portal berita online mengenai isu-isu seputar kota Bandung dan nasional. MGT Radio mengemas konten berita dalam bentuk berita sisipan insert news pada program acaranya, serta berita dikemas dalam bentuk konten digital yang dimuat pada media sosial MGT Radio. Gaya penyiaran berita yang diterapkan adalah menggunakan template yang seragam oleh penyiarnya. Penelitian ini dilakukan dengan maksud menunjukan bagaimana upaya mempertahankan eksistensi media massa radio di era digital. Maka dengan adanya penelitian ini diharapkan media massa radio memanfaatkan kemudahan-kemudahan teknologi komunikasi di era konvergensi untuk terus menghidupkan dunia penyiaran radio.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Radio; Berita Radio; Digital; Konvergensi Media; MGT Radio
Subjects: Special Computer Methods > Digital Audio
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dea Rizky Amelia
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:18
Last Modified: 10 Jan 2022 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47575

Actions (login required)

View Item View Item