Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian, sosial, dan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa : Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Bandung

Ruswandi, Dede (2021) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian, sosial, dan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa : Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
5-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh akhlak siswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kepemimpinan guru Pendidikan agama Islam. Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di sekolah, terutama bagi kinerja guru pendidikan agama Islam tidak hanya sekedar menyampaikan pelajaran tatap muka di kelas pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar, akan tetapi guru pendidikan agama islam harus mampu membangun kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kepemimpinan guru pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari kerangka berpikir bahwa kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kepemimpinan guru sangat menentukan dalam sikap dan tindak tanduknya siswa untuk senantiasa menjadi teladan baik di lingkungan sekolah saat tatap muka di kelas maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif dan metode survey, dengan responden sebanyak 133 yang dipilih menggunakan teknik proporsional dan acak sederhana. Istrumen untuk mengumpulkan data dengan menggunakan google form. Analisis data menggunakan korelasi sederhana dan regresi jamak. Reliabilitas data menggunakan korelasi sederhana, korelasi parsial dan regresi jamak. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian terhadap akhlak siswa, dengan mengaplikasikan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, maka akhlak siswanya meningkat. Kedua, terdapat pengaruh positif kompetensi sosial terhadap akhlak siswa, jika guru pendidikan agama Islam mengaplikasikan kompetensi sosial, maka akhlak siswa meningkat. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepemimpinan terhadap akhlak siswa, dengan mengaplikasikan kompetensi kepemimpinan guru pendidikan agama Islam, maka akhlak siswa meningkat. Keempat, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam secara bersama-sama terhadap akhlak siswa di SMAN-SMAN se-Kota Bandung, dengan mengaplikasikan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial serta kompetensi kepemimpinan yang baik maka akan memberikan dampak pada peningkatan akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, kepribadian, sosial dan kepemimpinan guru; persepsi siswa; akhlak siswa
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:48
Last Modified: 04 Jan 2022 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47426

Actions (login required)

View Item View Item