Strategi media online Catch Me Up dalam menyajikan berita : Studi kasus Catch Me Up sebagai media baru dalam menyajikan berita melalui Newsletter E-Mail

Nurdifa, Afiffah Rahmah (2021) Strategi media online Catch Me Up dalam menyajikan berita : Studi kasus Catch Me Up sebagai media baru dalam menyajikan berita melalui Newsletter E-Mail. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi berpengaruh besar pada berbagai perubahan di kehidupan masyarakat termasuk dalam konsumsi berita. Intensitas penggunaan media online telah menggerakan media massa untuk melebarkan sayap kearah digital. Perubahan ini seharusnya menjadi gerbang untuk mendukung kebebasan pers dan kebebasan berpendapat. Namun keberadaan media online nyatanya dimanfaatkan beberapa pihak sebagai ajang untuk menyebarkan berita palsu. Terlebih dengan kemudahan akses untuk mempublikasikan peristiwa, informasi dari berbagai media maupun personal tercampur baur. Hal ini berakibat pada arus informasi yang semakin kencang dan tak terkendali. Membuat kondisi dimana masyarakat kebingungan untuk memilih informasi yang layak diketahui. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengulas strategi media online Catch Me Up sebagai solusi dari kondisi tersebut. Dengan pemilihan berita teraktual dan menyeluruh pembaca dapat mengetahui berita penting dalam sekali duduk. Catch Me Up berinovasi membuat pemberitaan yang mudah dipahami dan ramah untuk pembaca melalui newsletter e-mail. Adapun pertanyaan penelitian yang dibatasi pada tiga hal terkait tahapan produksi berita dari pemilihan isu, pengemasan, hingga penyajian berita yang dilakukan redaksi Catch Me Up. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode deskriptif yang menjelaskan hasil berbentuk narasi. Didukung dengan teori ekologi media yang dicetuskan Marshall McLuhan. Hasil penelitian dari informan melalui teknik wawancara menunjukkan bahwa Catch Me Up menggunakan pola pembertiaan dengan struktur kronologis dimana keseluruhan alinea merupakan hal yang penting. Selain itu dalam satu berita dipaparkan dari berbagai sudut pandang yang berbeda untuk menyeimbangkan porsi setiap pihak yang terkait dalam isu tersebut. Penyajian beritanya pun menggunakan bahasa dialog sehari-hari dan menerapkan bahasa inggris yang santai. Publikasi yang digunakan Catch Me Up melalui platform e-mail berbentuk newsletter yang di dalamnya tidak terdapat iklan pop-up ataupun multiple page. Penyajian berita dengan konsep baru yang ditawarkan Catch Me Up mengundang minat masyarakat untuk lebih melek akan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Media Online; Platform Berita; Penyajian Berita; Catch Me Up
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Afifah Rahmah Nurdifa
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:14
Last Modified: 06 Aug 2021 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41574

Actions (login required)

View Item View Item