Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for error analysis

Fatmawati, Siti Fani (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for error analysis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Matematika memiliki peranan yang penting dalam kehidupan, salah satu peranan tersebut menjadikan matematika sebagai alat berpikir pada sebuah analisis untuk menarik suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for Error Analysis. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X SMK Industri Nasional 1 Bekasi, dengan teknik pengumpulan data pemberian soal pemecahan masalah matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for Error Analysis yaitu E1 sebesar 2,32%, E2 sebesar 5,40%, E3 sebesar 3,87%, E4 sebesar 48,06%, dan E5 sebesar 40,31%. Kesalahan tingkat II yang terjadi pada skema E2, E4 dan E5 yaitu kesalahan bahasa, operasional dan tema matematika. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh siswa diantaranya memberi penguatan kepada siswa sebisa mungkin menguasai setiap materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pembelajaran yang membuat siswa aktif untuk banyak berlatih dengan berbagai macam variasi soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Fong Schematic Model for Error Analysis; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Fani Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:08
Last Modified: 29 Mar 2021 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38342

Actions (login required)

View Item View Item