Pengembangan media Science Comic berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Hida, Zoel Faris (2020) Pengembangan media Science Comic berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media science comic berbasis Problem Based Learning, keterlaksanaan proses pembelajaran dan Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan 4D yaitu Define meliputi analisis kurikulum, lapangan, dan penelitian terdahulu. Design mengenai rancangan instrumen dan science comic. Devolepment merupakan proses pembuatan science comic dan uji validasi. Dissemination sebagai penggunaan science comic oleh peserta didik kelas X SMAN 13 Garut, yaitu kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Berisi tentang hasil uji lapangan seperti Lembar Validasi, Lembar Student Activity Sheet (SAS), dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) tingkat kelayakan media science comic dalam kategori sangat valid sebesar 0,87 2) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan media science comic berbasis Problem Based Learning termasuk kategori efektif sebesar 80%, 3). Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,67. Hasil uji t diperoleh t_hitung=25,42 >〖 t〗_tabel=2,04 sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkan media science comic berbasis Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Media Science Comic berbasis Problem Based Learning; usaha dan energy; 4D.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Rhetoricand Collections of Literary > Collection of Literary
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zoel Faris Hida
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:42
Last Modified: 25 Nov 2020 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35216

Actions (login required)

View Item View Item