Pengelolaan media sosial instagram @pajakcicadas sebagai upaya meningkatkan citra lembaga: Penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas

Jhatysunda, Niswati Rahmatulloh (2020) Pengelolaan media sosial instagram @pajakcicadas sebagai upaya meningkatkan citra lembaga: Penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena opini publik terhadap kantor pajak yang dirasa terlalu kaku. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan citra lembaga di mata publik melalui pengelolaan media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan dalam pengelolaan media sosial Instagram menggunakan tahapan Share (membagikan), Optimize (mengoptimalkan), Manage (mengelola), dan Engage (mengikutsertakan) pada pengelolaan media sosial @pajakcicadas sebagai upaya meningkatkan citra lembaga di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas. Model yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Regina Luttrelll. Model komunikasi ini disebut dengan Circular Model of Some for Social Communication. Model komunikasi ini memuat empat komponen dalam media sosial, yaitu Share (membagikan), Optimize (mengoptimalkan), Manage (mengelola), dan Engage (mengikutsertakan). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi berupa dokumen dan arsip (gambar dan audio). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berwujud pernyataan berupa kata-kata. Sumber data yang digunakan adalah data primer; data yang diperoleh secara langsung dan data sekunder; data yang diperoleh secara tidak langsung. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa praktisi Public Relations Kantor Pelaya nan Pajak Pratama Bandung Cicadas dalam pengelolaan media sosial Instagram sebagai upaya meningkatkan citra memiliki empat tahap, yakni; 1) tahap share (membagikan), terdapat tiga unsur, yaitu: a) berpartisipasi menggunakan media sosial (participate), b) saling terhubung dengan publik (connect) dan c) membangun kepercayaan (build trust). 2) tahapan optimize (mengoptimalkan), terdapat empat unsur, yaitu: a) melakukan pengecekan kunjunga profil dan like, b) menetapkan waktu upload konten, c) mengoptimalkan konten dengan story, dan d) Mengadakan Q&A. 3) tahapan Manage (mengelola) terdapat dua unsur, yaitu: a) Respon cepat dan b) Mengadakan Challenge. 4) tahapan Engage (mengikutsertakan) terdapat dua unsur, yaitu: a) Mengetahui dimana dan siapa audiens dan b) Meraih target audiens.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa pengelolaan media sosial Instagram Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas sebagai upaya meningkatkan citra lembaga menggunakan strategi pengelolaan media sosial. ENGLISH : This research is motivated by the phenomenon of public opinion towards the tax office that is considered too rigid. Therefore it is necessary to improve the image of the institution in the public eye through the management of Instagram social media. The purpose of this study is to determine the stages in managing social media Instagram using the stages of Share (share), Optimize (optimize), Manage (manage), and Engage (include) on the management of social media @pajakcicadas as an effort to improve the image of institutions in the Tax Service Office Pratama Bandung Cicadas. The model used is a model developed by Regina Luttrelll. This communication model is called the Circular Model of Some for Social Communication. This communication model contains four components in social media, namely Sharing, Optimizing, Managing, and Engage. The method used is descriptive qualitative analysis. While the data collection technique is done by observation, interview and documentation study in the form of documents and archives (pictures and audio). The data used in this study are qualitative data in the form of statements in the form of words. Data sources used are primary data; data obtained directly and secondary data; data obtained indirectly. The results and discussion in this study show that the Public Relations practitioner of the Bandung Cicadas Pratama Tax Office in managing social media Instagram as an effort to improve the image has four stages, namely; 1) the share stage, there are three elements, namely: a) participating using social media (participating), b) connecting with the public (connect) and c) building trust (build trust). 2) the optimization stage, there are four elements, namely: a) checking profile visits and likes, b) determining the upload time of content, c) optimizing content with stories, and d) holding Q&A. 3) the stages of Manage (manage) there are two elements, namely: a) Quick response and b) Hold a Challenge. 4) the Engage stage (includes) there are two elements, namely: a) Knowing where and who the audience is and b) Reaching the target audience. The conclusion of this research is that the management of Instagram social media carried out by the Pratama Bandung Cicadsas Tax Service Office is an effort to improve the image of the institution using social media management strategies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Media Sosial Instagram; Citra;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Niswati Rahmatulloh Jhatysunda
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:50
Last Modified: 17 Sep 2020 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item