Implementasi kebijakan sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I Tahun 2018

Rafiq, Dani (2020) Implementasi kebijakan sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I Tahun 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) di lingkungan KPPN Bandung I berorientasi pada output organisasi dan sangat erat dengan visi, misi, dan rencana strategis organisasi. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa masalah dan kendala seperti keterlambatnya satker pada setiap waktu pelaporannya atau terdapat kesalahan pada pelaporannya. Hal itu termasuk masalah penting kesuksesan dan kelancaran dalam penggunaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). Maka dari itu, peneliti bertujuan ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi kebijakan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bandung I Tahun 2016. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Van Horn & Van Matter (1975:133) dalam buku Dasar-dasar Kebijakan Publik, yang memiliki 6 dimensi yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualititatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, triangulasi, dokumentasi dan dokumen, serta materi audio dan visual. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan / Verifikasi (conclusion Drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai Implementasi kebiajakan sistem perbendaharaan dan anggaran Negara (SPAN) di kantor pelayanan perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I Tahun 2016, ditemukan bahwa pelaksanaan implementasi SPAN sejauh ini berjalan sangat baik, walaupun terdapat masalah seperti sering terjadinya keterlambatan satker pada akhir periode pelaporan, namun dengan kecekatan para pegawainya yang professional, akuntabel dan berintegritas membuat pekerjaannya berjalan dengan baik sehingga menciptakan pelayanan yang prima demi tercapainya good governance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan; Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara
Subjects: Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Administration of Economy > Administration of Communications
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dani Rafiq
Date Deposited: 24 Aug 2020 00:33
Last Modified: 24 Aug 2020 01:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item