Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan

Noorhidayah, Eva Fazriani (2019) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.Abstrak Indo.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9.Daftar Isi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu model yang didalamnya terdapat tahapan yang mengarah kepada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan dengan dan tanpa menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI), peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI), pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI). Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel yaitu kelas VII D merupakan kelas yang menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas VII A merupakan kelas yang menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata pretest 53,87 postest 82,81 dan Gain 29,71. Kelas yang menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai pretest 49,40 postest 77,03. Uji hipotesis penelitian ini diperoleh thitung = 2,09 > ttabel = 1,99 dengan α = 0,05 (5%) maka H0 ditolak Ha diterima. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII D pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI); Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan; High Order Thinking (HOTS);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Eva Fazriani Noorhidayah
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:17
Last Modified: 03 Feb 2020 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29108

Actions (login required)

View Item View Item