Analisis Learning Obstacle siswa dalam mempelajari materi Trigonometri: Penelitian Deskriptif di kelas X SMK Al-Marfuiyah-Sukabumi

Waryanto, Riki (2019) Analisis Learning Obstacle siswa dalam mempelajari materi Trigonometri: Penelitian Deskriptif di kelas X SMK Al-Marfuiyah-Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah alternatif solusi berupa desain didaktis konsep aturan sinus, aturan cosinus dan luas segitiga yang dilatarbelakangi oleh adanya learning obstacle yang dialami siswa kelas X SMK. Terdapat beberapa learning obstacle yang teridentifikasi berupa ontogenic obstacle, epistemological obstacle, dan didactical obstacle. Ontogenic obstacle dapat dilihat dari pemahaman konsep prasyarat siswa yang masih kurang. Epistemological obstacle terjadi karena adanya keterbatasan pengetahuan yang dimiliki siswa dalam menerapkan pemahaman konsep aturan sinus dan cosinus pada konsep matematika yang lain. Didactical obstacle dapat diidentifikasi dari pemahaman siswa yang lebih mengutamakan pengetahuan prosedural. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa yang lebih menghafal rumus aturan sinus dan cosinus yang diajarkan guru. Penelitian ini merupakan penelitian desain didaktis (Didactical Design Research).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: learning obstacle; desain didaktis; aturan sinus; aturan cosinus; luas segitiga;
Subjects: Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Riki Waryanto
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:17
Last Modified: 28 Nov 2019 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27886

Available Versions of this Item

  • Analisis Learning Obstacle siswa dalam mempelajari materi Trigonometri: Penelitian Deskriptif di kelas X SMK Al-Marfuiyah-Sukabumi. (deposited 28 Nov 2019 02:17) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item