Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa

Hilman, Farid (2019) Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan model Examples Non Examples. Model pembelajaran Examples Non Examples adalah model pembelajaran kelompok berbasis gambar dimana siswa mencari sendiri pengetahuan dan konsep yang sedang dipelajari dari examples (contoh benar) dan non examples (contoh salah) sehingga siswa dapat menyuarakan pendapatnya terkait benar atau salah dan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Untuk mengarah pada tujuan tersebut maka penelitian ini mengkaji: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Examples Non Examples; (b) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples.; (c) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional; (d) Mana yang lebih baik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Examples Non Examples dan yang menggunakan model pembelajaran Konvensional; (e) Sikap siswa terhadap model pembelajaran Examples Non Examples yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran Examples Non Examples. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Negeri 2 Karawang Timur yang secara keseluruhan berjumlah 80 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan diantaranya yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, soal pemecahan masalah matematis dan skala sikap. Hasil dari penelitian ini adalah (a) Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples secara umum terlaksana dengan baik (b) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples; (c) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional; (d) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples memiliki kategori sedang dengan rata-rata gain 0,43; (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Examples Non Examples secara umum adalah baik. Hal ini ditunjukkan pada sikap siswa terhadap model pembelajaran Examples Non Examples yang mencapai skor 2,70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples; Pemecahan Masalah Masalah Matematis;
Subjects: Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Farid Hilman
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:10
Last Modified: 28 Nov 2019 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27851

Actions (login required)

View Item View Item