Strategi Branding PT Mizan Pustaka dalam menghadapi persaingan di era digital publishing: Deskriptif kualitatif pada unit Pastel Books PT Mizan Pustaka

Rachman, Nurdilah (2019) Strategi Branding PT Mizan Pustaka dalam menghadapi persaingan di era digital publishing: Deskriptif kualitatif pada unit Pastel Books PT Mizan Pustaka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dan adanya konvergensi dalam penggunaan media menciptakan tantangan kompetitif. Era digital saat ini membuka peluang lebih besar persaingan diantara perusahaan penerbitan. Terciptanya era digital publishing menciptakan pertumbuhan pasar penerbitan terus meningkat. PT Mizan Pustaka sebagai salah satu penerbitan yang besar yang sudah berkiprah selama 36 tahun berupaya keras untuk merumuskan strategi branding dalam menghadapi persaingan di era digital publishing untuk menumbuhkan dan mempertahankan brand equity PT Mizan Pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding PT Mizan Pustaka dalam menghadapi persaingan di era digital publishing. Strategi ini mencakup mulai dari tahap identifikasi dan mengembangkan brand plans, tahap merancang dan mengimplementasikan program pemasaran brand, tahap menafsirkan brand performance, dan tahap menumbuhkan dan mempertahankan brand equity. Peneliti menggunakan Strategic Brand Management Process dari Kevin Lane Keller sebagai acuan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan maksud untuk menggambarkan, meringkas berbagai realitas yang dihadapi PT Mizan Pustaka dalam melakukan branding untuk menghadapi persaingan di era digital publishing sebagai fenomena yang berkembang di masyarakat. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan interpretif dengan maksud untuk menjelaskan fenomena yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi branding yang dilakukan PT Mizan Pustaka untuk menghadapi persaingan di era digital publishing tersusun dengan beberapa tahapan proses, yaitu; (1) Tahap identifikasi dan mengembangkan brand plans dilakukan dengan tiga tahapan yaitu hunting membidik penulis dan akuisi naskah, tahapan redaksi dan, canvassing; (2) Tahapan merancang program pemasaran brand dilakukan pada tahapan canvassing, dan implementasi dari program pemasaran terdapat lima program yaitu program non digital, program digital ads melalui empat platform media sosial, SEO pada website, email marketing, dan remarketing; (3) Tahapan menafsirkan brand performance dilakukan dengan dua cara yaitu melalui lead di website dan melalui indikator buku dan penulis best seller; (4) Tahapan menumbuhkan dan mempertahankan brand equity dilakukan dengan memperhatikan skala prioritas. Penulis menyadari dalam melakukan penelitian ini masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi dan disempurnakan. Penulis berharap hasil penelitian ini mempunyai implikasi yang luas untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding; Brand Equity; Brand Awareness; Brand Positioning
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Business > Data Processing and Analysis of Business
General Management > Sales Management
General Management > Salesmanship
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nurdilah Rachman
Date Deposited: 22 Nov 2019 06:47
Last Modified: 22 Nov 2019 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27483

Actions (login required)

View Item View Item