Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Hubungannya dengan Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI(Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 2 Jayakerta Karawang)

Suherman, Suherman (1210202172) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Hubungannya dengan Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI(Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 2 Jayakerta Karawang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu variabel X penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write dan variabel Y hubungannya dengan peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Sedangkan masalah yang diteliti adalah bagaimana caranya meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write pada pelajaran PAI di SMPN 2 Jayakerta Karawang, bagaimana kreativitas belajar siswa selama proses pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write di SMPN 2 Jayakerta Karawang dan bagaimana hubungan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Jayakerta Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write di SMPN 2 Jayakerta Karawang, untuk mengetahui kreativitas belajar siswa selama proses pembelajaran PAI dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write SMPN 2 Jayakerta Karawang dan untuk mengetahui adanya hubungan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Jayakerta Karawang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa hubungan antara penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write mampu meningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Oleh karena itu dengan membatasi kasus yang terjadi di SMPN 2 Jayakerta Karawang, maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan analisis kualitatif. Cara pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket kepada 40 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis perindikator, uji normalitas data, analisis korelasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa realitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write memperoleh nilai 3,57 dengan kategori cukup karena berada pada interval 2,6 – 3,5. Selanjutnya hubungannya dengan peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI memperoleh nilai 3,58 dengan kualifikasi cukup karena berada pada interval 2,6 – 3,5. Korelasi dari kedua variable diperoleh nilai 0,58, dapat diinterpretasikan bahwa variable X dan variable Y tergolong pada kategori sedang atau cukup karena ada pada rentang interval 0,41 – 0,60. Sedangkan derajat pengaruhnya sebesar 19%. Hal ini menunjukan masih ada faktor lain yang mempengaruhi sebesar 81 % terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write, Kreativitas Belajar, Siswa, PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2017 03:01
Last Modified: 30 Mar 2017 05:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2707

Actions (login required)

View Item View Item