Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Flipped Classroom

Oktaviani, Ryanda (2019) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Flipped Classroom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih perlu ditingkatkannya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 8 Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan tingkat KAM (tinggi, sedang, rendah) yang melibatkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai pembanding. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, yang dalam proses pembelajaran mengaplikasikan teori kontruktivisme dan teori interaksi sosial. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non-tes. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat KAM (tinggi, sedang, rendah). (c) sikap siswa menunjukkan hasil yang positif dari segi penerapan model pembelajaran flipped classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ryanda . Oktaviani
Date Deposited: 06 Nov 2019 06:40
Last Modified: 06 Nov 2019 06:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26851

Actions (login required)

View Item View Item