Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi

Lidinillah, Dini (2019) Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah metode pre-experiment kemudian menggunakan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 35 peserta didik kelas X MIA 1 SMA Karya Budi Kota Bandung. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik random sampling kemudian pemilihan dilakukan secara acak dan tidak ada kriteria khusus. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif menggunakan tes uraian yang terdiri dari 6 butir soal, ketercapaian hasil belajar afektif diukur dengan tes lembar penilaian diri, keteramilan hasil belajar psikomotor diukur dengan menggunakkan lembar penilaian keterampilan kerja. Hasil Perolehan nilai afektif diri rata-rata sebesar 82 dengan kategori baik dan untuk psikomotor sebesar 82 dengan kategori sangat baik serta mengalami peningkatan untuk setiap pertemuannya. Data hasil belajar kognitif peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung<ttabel yaitu 27,92<2.042 maka HO ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Flipped Classroom; Hasil Belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dini Lidinillah
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:28
Last Modified: 29 Oct 2019 02:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item