Strategi komunikasi humas direktorat jenderal pajak melalui program pengampunan pajak (tax amnesty) : studi kasus pada humas direktorat jenderal pajak

Irwansyah, Irwansyah (2017) Strategi komunikasi humas direktorat jenderal pajak melalui program pengampunan pajak (tax amnesty) : studi kasus pada humas direktorat jenderal pajak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan yang signifikan terhadap penerimaan negara yang didapat dari diselenggarakannya program pengampunan pajak (Tax Amnesty). Program pengampunan pajak (Tax Amnesty) dalam sejarahnya pernah diterapkan di Indonesia namun hasilnya masih belum efektif. Namun, seiring perkembangan strategi dan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya oleh Direktorat Jenderal Pajak mengakibatkan terhadap membaiknya angka penerimaan negara dari sektor pajak. Hal tersebut merupakan dampak dari keberhasilan diaplikasikannya strategi komunikasi Humas Direktorat Jenderal Pajak terhadap wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi komunikasi Direktorat Jenderal Pajak dalam mengkomunikasikan peraturan dan kebijakan Pengampunan Pajak (Tax Amnesty). Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan paradigma kontruksivistis melalui pendekatan kualitatif serta bersifat deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi Direktorat Jenderal Pajak dilaksanakan dengan menerapkan tahapan dan kriteria proses, mulai dari merencanakan target sasaran Komunikasi kebijakan pengampunan Pajak, melakukan pengolahan pesan yang di sesuaikan dengan target komunikasi program pengampunan Pajak, pemilihan media komunikasi dengan menggunakan media cetak, online dan media luar ruang, serta selanjutnya yaitu pengoptimalan peran dan sumber daya Humas yang ada di Direktorat Jenderal Pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi; Tax Amnesty; pajak
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Public Finance > Taxes and Taxation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:01
Last Modified: 09 Sep 2019 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item