Hubungan antara self control dan dukungan sosial dengan kebosanan (boredom): studi pada Santri Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Kaplongan Kabupaten Indramayu tahun Ajaran 2016/2017

Nurasiyah, Ucu Yusi (2017) Hubungan antara self control dan dukungan sosial dengan kebosanan (boredom): studi pada Santri Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Kaplongan Kabupaten Indramayu tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Kebosanan merupakan situasi alami dan di rasakan oleh setiap orang tidak mengenal usia, jenis kelamin, profesi dan pendidikan. Kebosanan muncul akibat kepuasan yang tidak terpenuhi, terlibat dalam kegiatan yang monoton dan berulang dalam jangka waktu yang panjang. Seperti yang di alami oleh santri, kebosanan mereka disebabkan oleh beberapa hal seperti, kegiatan yang diikuti monoton dalam jangka waktu yang panjang, beban tugas terlalu banyak, tidak ada kegiatan yang menarik dan lain sebagainya. Dampaknya santri melanggar aturan-aturan pesantren seperti bolos sekolah, keluar tanpa izin (kabur), sengaja telat mengikuti pembelajaran, dan lain sebagainya. Kebosanan jika dibiarkan akan berkembang menjadi kebosanan yang kronis dan bisa menyebabkan depresi. Oleh karena itu, self control sebagai pengatur tingkah laku dan dukungan sosial diasumsikan/ diharapkan dapat mengendalikan kebosanan. Subjek dalam penelitian ini adalah santri yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi pearson. Dimana self control dan dukungan social merupakan variabel bebas, dan kebosanan (boredom) merupakan variabel terikat. Sebelum di analisis,terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukkan H1 dari kedua hipotesis yang dibuat diterima atau H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan antara self control dengan kebosanan karena .513 ≥ .320 dengan kontribusi sebesar 26.3%; dan terdapat hubungan antara dukungan social dengan kebosanan karena .386 ≥ .320 dengan kontribusi sebesar 14.9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: self control; dukungan sosial; kebosanan (boredom) ;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Jul 2019 14:03
Last Modified: 04 Jul 2019 14:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item