Penerapan Model Pembelajaran Five Stage Conceptual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Fluida Statis

Muhidin, Agus Firman (2019) Penerapan Model Pembelajaran Five Stage Conceptual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik seharusnya akan memperoleh hasil belajar yang baik apabila belajar mengenai konsep ini. Namun dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa hasil belajar khususnya ranah kognitif peserta didik pada materi fluida statis masih rendah. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Five Stage Conceptual, dan 2) peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI-IPA SMA Darul Fatwa setelah menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA SMA Darul Fatwa berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual pada materi fluida statis termasuk dalam kategori baik, 2) Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik untuk materi fluida statis termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,79, 3) Hasil belajar afektif diperoleh nilai sebesar 88 dengan kategori sangat baik dan 4) Hasil belajar psikomotor diperoleh nilai sebesar 83 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fluida Statis; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Five Stage Conceptual
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education > Science for Elementary Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Firman Muhidin
Date Deposited: 19 Mar 2019 09:02
Last Modified: 19 Mar 2019 09:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item