Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DEC (Dyadic Essay Confrontation) untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Konsep Zat Aditif Makanan (Penelitian kelas terhadap Siswa Kelas VIII MTs SA Nurul Amal-Purwakarta)

Asidah, Asidah (1209208017) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DEC (Dyadic Essay Confrontation) untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Konsep Zat Aditif Makanan (Penelitian kelas terhadap Siswa Kelas VIII MTs SA Nurul Amal-Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran DEC pada konsep zat aditif makanan, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS dalam setiap tahap model pembelajaran DEC, dan mengukur kemampuan kognitif siswa pada konsep zat aditif makanan setelah diterapkannya model pembelajaran DEC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas terhadap siswa kelas VIII-A MTs SA Nurul Amal-Purwakarta dengan jumlah subjek 24 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan kognitif berupa tes tertulis, LKS, dan lembar observasi aktifitas siswa dan guru. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model DEC pada konsep zat aditif makanan dengan mengembangkan kemampuan kognitif siswa terimplementasikan dengan baik. Pencapaian siswa setiap tahapan mendapatkan nilai rata-rata 82,8 dengan kategori baik. Pada tahap Membaca wacana memperoleh nilai rata-rata 100 dengan kategori sangat baik, dan pada tahap membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan mendapat kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata berturut-turut 79,2, sedangkan pada tahap bertukar informasi mendapat kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90, pada tahap konfrontasi diperoleh nilai rata-rata 73,3 dengan kategori baik dan pada tahap diskusi mendapat kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 71,6. Kemampuan rata-rata nilai jenjang kognitif siswa secara keseluruhan yaitu untuk jenjang kognitif C2 adalah 70,6. Nilai rata-rata untuk jenjang kognitif C4 adalah 68,6 dan nilai rata-rata untuk jenjang kognitif C3 adalah 100. Nilai rata-rata tertinggi terletak pada jenjang kognitif C5, dapat dikatakan kemampuan siswa dalam jenjang ini mendominasi. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran DEC ini dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari serta dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DEC (Dyadic Essay Confrontation, Kemampuan Kognitif Siswa, Konsep Zat Aditif Makanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:09
Last Modified: 07 Jun 2016 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item