Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran learning start with a question (LSQ) dengan question student have (QSH) pada materi sistem gerak manusia: penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Banjaran – Bandung

Nuraini, Ai (2014) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran learning start with a question (LSQ) dengan question student have (QSH) pada materi sistem gerak manusia: penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Banjaran – Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Fenomena pembelajaran disekolah umumnya belum dikembangkan inovasi model pembelajaran menggunakan model ceramah khusunya pada materi sistem gerak manusia yang dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa disekolah, dengan demikian dikembangkan strategi pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu pula pembelajaran kooperatif yang telah dilakukan terkadang tingkat keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan masih relatif kurang sehingga pembelajaran dikelas terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ dan yang menggunakan strategi pembelajaran QSH, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran LSQ, mengalisis peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran QSH, dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran LSQ dan yang menggunakan strategi pembelajaran QSH. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Putposive. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Banjaran kelas yang diambil adalah kelas VIII-C dan kelas VIII-D dengan jumlah 62 siswa. Analisis data penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ adalah 90.44% dengan kategori cukup baik. Sedangkan dengan menggunakan strategi pembelajran QSH adalah 88.77% dengan kategori cukup. Sedangkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir yang menggunakan strategi pembelajaran LSQ adalah 65.96% dengan kategori kurang dan yang menggunakan strategi pembelajaran QSH adalah 68.14% dengan kategori kurang. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran LSQ memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0.55 sedangkan pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran QSH sebesar 0.42. Hasil uji t pada kelas LSQ adalah thitung < ttabel dengan nilai 4.15 < 7.81 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Sedangkan hasil uji t untuk kelas QSH didapatkan hipotesis thitung < ttabel dengan nilai 3.79 < 7.81 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Dengan demikian, berdasarkan data tersebut perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ lebih baik dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaran QSH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Start with A Question (LSQ); Question Student Have (QSH); Hasil Belajar Siswa; Sistem Gerak Manusia;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 01:56
Last Modified: 31 Dec 2018 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item