Pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Card Sort terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih sub materi pengeluaran harta di luar zakat: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Almunawwarah Ciamis

Zaenudin, Ahmad (2018) Pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Card Sort terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih sub materi pengeluaran harta di luar zakat: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Almunawwarah Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan belajar seseorang dipengaruhi oleh berbagai variabel pembelajaran. Di antara variabel tersebut yaitu penggunaan model dan metode pembelajaran yang diimplementasikan di kelas ketika proses pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar aktif adalah penggunaan model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Selain itu, model pembelajaran ini juga merupakan salah satu alternatif yang baik dalam menghasilkan belajar siswa yang lebih aktif, menyenangkan, kompetitif, bermakna, serta peningkatan terhadap prestasi belajar yang signifikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsS Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Jatinagara Kab. Ciamis. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan sampel penelitian masing-masing berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan pemberian instrumen tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Adapun teknik pengupulan data berupa tes pretest dan posttest yang berjumlah 25 soal. Sedangkan teknik analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat mempengaruhi prestasi belajar kognitif siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest kelas eksperimen didapatkan hasil mean sebesar 66,70 dan kelas kontrol sebesar 60,87. Namun setelah diberikan perlakuan dan uji posttest kelas ekspermimen mendapatkan mean sebesar 82,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 68,23. Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata Gain 16,13 sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata Gain 7,36. Sedangkan analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 3,864 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel. Data ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan model konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada mata pelajaran Fiqih sub materi pengeluaran harta di luar zakat dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort terhadap prestasi belajar kognitif siswa di MTsS Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Jatinagara Kab. Ciamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif; Card Sort; Prestasi belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Zaenudin
Date Deposited: 26 Sep 2018 06:27
Last Modified: 26 Sep 2018 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item