Penerapan model pembelajaran problem solving untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan: penelitian pre-eksperimen pada peserta didik kelas X MA Negeri 1 Bogor

Alwahdah, Rahmadini Istiqomah (2018) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan: penelitian pre-eksperimen pada peserta didik kelas X MA Negeri 1 Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang efektif dan menerapkan prinsip the daily life problem solving yang menekankan bahwa pembelajaran perlu dirancang agar peserta didik mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan dengan melakukan variasi dalam model pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan setelah melaksanakan pembelajaran dengan model problem solving, serta untuk mengetahui proses keterlaksanaan dan kendala peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas X MIA 1 dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis soal uraian berjumlah 10 soal, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes tertulis diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,54 kualifikasi sedang. Hasil uji t berpasangan memperoleh nilai t hitung (15,39) > t tabel (2,03) sehingga H0 ditolak yang artinya dengan α = 5%, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran problem solving pada materi perubahan lingkungan. Penerapan model pembelajaran problem solving dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran problem solving; perubahan lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmadini Istiqomah Alwahdah
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:33
Last Modified: 18 Sep 2018 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item View Item