Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Model Connected Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Menjadi Hamba Allah yang Berakhlak: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siwa Kelas X Madrasah Aliyah Attaqwa Putra Bekasi

Hidayat, Ridwan (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Terpadu Model Connected Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Menjadi Hamba Allah yang Berakhlak: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siwa Kelas X Madrasah Aliyah Attaqwa Putra Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER .pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan metode pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan hasil belajar pesertadidik Pada matapelajaran akidah akhlak materi menjadi hamba allah yang berakhlak (penelitian tindakan kelas pada siwa kelas x madrasah aliyah attaqwa putra bekasi). Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MA Attaqwa Putra Kab Bekasi, masalah yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran aqidah akhlak. salah satu rendahnya hasil belajar siswa disebabkan berbagai faktor, salah satu lemahnya siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan dan peran guru dalam menggunakan metode yang masih konvensional. Fenomena tersebut merupakan permasalahan yang harus segera diperbaiki. Cara yang akan digunakan adalah dengan menerapkan sebuah metode yang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran dan mendeskripsikan materi menjadi hamba Allah yang berakhlak dengan menerapkan metode pembelajaran terpadu model connected agar meningkatkan hasil belajar peserta didik. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar sebelum menerapkan metode, mengetahui proses penerapan metode pembelajaran terpadu model connected dengan mengamati aktivitas guru dan siswa, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran terpadu model connected. Metode memiliki peran yang sangat penting dalam mengajar. Metode berperan sebagai rambu-rambu atau “bagaimana memproses” pembelajaran sehingga dapat berjalan baik dan sistematis. Setiap guru dituntut menguasai berbagai metode dalam rangka memproses pembelajaran efektif, efisien, menyenangkan dan tercapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan. Pendekatan belajar (Approach to learning) Strategi atau kiat melaksanakan pendekatan serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut menentukan tingkat keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu faktor meningkatkan hasil belajar adalah penggunaan metode yang efektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Proses pembelajaran PTK mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X MA Attaqwa Putra Kab Bekasi berjumlah 33 siswa dilaksanakan pada 2 siklus, satu siklus 2 kali pertemuan. Alokasi waktu satu pertemuan selama 2 x 45 menit. Metode pengumpulan data adalah pengamatan/observasi, dokumentasi dan instrument penelitian berupa Tes. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh presentase hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran terpadu model connected sebesar 66%. Proses penerapan metode pembelajaran terpadu model connected meningkat diukur dengan lembar observasi, aktivitas guru presentase Siklus I sebesar 81% dan 84% siklus II, pada siklus I aktivitas siswa sebesar 75% dan 89% siklus II. Hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal setelah menggunakan metode pembelajaran terpadu model connected pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode pembelajaran terpadu model connected dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran terpadu; model connected; meningkatkan hasil belajar; MA Attaqwa Bekasi
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Ridwan Hidayat
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:01
Last Modified: 14 Aug 2018 09:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item