Strategi komunikasi pembatalan keberangkatan haji tahun 2021: Studi Deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya

Ghifari, Ramdhani Fajar (2022) Strategi komunikasi pembatalan keberangkatan haji tahun 2021: Studi Deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia mengakibatkan terhentinya segala bentuk kegiatan dan menimpa segala sektor termasuk pelaksanaan ibadah haji yang setiap tahunnya rutin dilaksanakan, hal tersebut menyebabkan diluncurkannya KMA terkait pembatalan pemberangkatan haji pada tahun 2021. Adanya KMA tersebut, menimbulkan berbagii polemik, untuk itu diperlukan kegiatan komunikasi yang dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat secara efektif dan efisien, teratur dan juga terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas 1) perencanaan komunikasi, 2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan komunikasi. Untuk mengetahui lebih dalam bagiimana usaha yang dilakukan oleh Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya dalam melaksanakan kegiatan komunikasi. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, penulis menggunakan kepada teori model perencanaan komunikasi oleh Philip Lesly yaitu dalam perencanaan komunikasi terdiri dari dua komponen utama yakni organisasi dan publik. Dilihat dari sifatnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah staf informasi, staf pendaftaran, dan jemaah pendaftar haji reguler. Adapun yang menjadi objek penelitiannya adalah perencanaan komunikasi dan faktor pendukung serta penghambat kegiatan komunikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang didapatkan dianalisis melalui data collection, data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan komunikasi dilakukan secara matang dengan meninjau beberapa tahapan seperti pelaksanaan riset dengan menemukan masalah yang ada serta menentukan harapan yang ingin dicapai, perumusan kebijakan dengan menentukan skala prioritas, perumusan perencanaan dengan memahami dan mengenal kondisi khalayak, kegiatan komunikasi yang disesuaikan dengan kondisi khalayak atau jemaah, umpan balik yang positif dari partisipan atau jemaah, serta bentuk evaluasi yang membangun perbaikan kedepannya. Adapun untuk faktor pendukungnya yakni support dari instansi dan partisipan dan untuk faktor penghambatnya terletak pada ketersedian SDM untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Applied Physics > Communication Engineering
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ramdhani Fajar Ghifari
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:26
Last Modified: 29 Dec 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62589

Actions (login required)

View Item View Item