Bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a untuk meningkatkan kefasihan santri dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Jl. Garut - Tasikmalaya no. KM. 8, Cilawu, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Husni, Devi Afiyatul (2022) Bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a untuk meningkatkan kefasihan santri dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Jl. Garut - Tasikmalaya no. KM. 8, Cilawu, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Membaca Al-Qur’an dengan benar dan fasih merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang muslim.Di Pondok Pesantren An-Nur khususnya santri baru atau biasa disebut santri I’dad masih banyak yang belum fasih dalam membaca dan melafalkan Al-Qur’an. Dalam menyikapi hal itu, maka perlu adanya bimbingan dan diperlukan metode yang tepat agar pembelajaran Al-Qur’an menjadi lebih menarik sehingga dapat menumbuhkan motivasi untuk mempelajari Al-Qur’an. Hal ini seperti terjadi di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Garut yang menggunakan metode yang efektif, detail dan sistematis dan juga mudah dipelajari yaitu dengan menggunakan metode yanbu’a. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dasar digunakannya metode yanbu'a dalam bimbingan baca Al Qur’an untuk meningkatkan kefasihan santri dalam membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Garut. (2) Untuk mengetahui proses bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a untuk meningkatkan kefasihan santri dalam membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Garut. (3) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a untuk meningkatkan kefasihan santri dalam membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Garut. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa dengan adanya bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode yanbu’a di Pondok Pesantren An-Nur setiap santri mampu dengan fasih membaca Al-Qur’an Fasih yang dimaksud yaitu bisa mengucapkan makhorijul huruf dengan benar dan tepat, mampu mengaplikasikan hukum-hukum tajwid dan shifat huruf, serta mampu membaca dengan tartil tanpa tergesa-gesa. Sehingga diharapkan santri dapat mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup serta bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya sendiri namun untuk orang lain dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini, data yang dikumpulkan terdiri dari kata-kata yang menggambarkan secara akurat dengan mendeskripsikan fenomena yang terlihat di lokasi penelitian. Sumber data berikut yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode yanbu’a di Pondok Pesantren An-Nur Cilawu Garut ini memiliki penekanan pada metode. Metode yang digunakan meliputi : metode kasih sayang ibu diantaranya : (1) Direct method (metode langsung), (2) Repeatation (Berulang-ulang) dan (3) Affection Selain itu juga menggunakan (4) Metode Musyafahah, (5) Ardlul Qiro’ah/sorogan, dan (5) Bimbingan Klasikal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Baca Al-Qur'an; Metode Yanbu'a
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
General Management > Management Consulting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Devi Afiyatul Husni
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:43
Last Modified: 14 Oct 2022 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60070

Actions (login required)

View Item View Item