Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) "Regge Generation" dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi kasus di Desa Cukanggenteng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

Noya, Putri Agustina Wahyuni (2022) Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) "Regge Generation" dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi kasus di Desa Cukanggenteng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia saat ini memiliki berbagai macam kendala, diantaranya yaitu 1) kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, karena rata-rata penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani berpendidikan rendah; 2) banyak petani yang sudah berumur tua, karena sebagian besar penduduk yang bekerja sebagai petani kisaran usia 50 tahunan; 3) kurangnya modal, banyak petani yang sulit untuk mendapatkan akses modal. Oleh karena itu Gapoktan Regge Generation melakukan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Cukanggenteng agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa mengetahui peran Gapoktan Regge Generation dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Cukanggenteng, melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Gapoktan Regge Generation. Selain itu juga untuk bisa mengetahui hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Gapoktan Regge Generation. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Sumodiningrat. Teori ini menyatakan bahwa kegiatan program pemberdayaan masyarakat diantaranya mencakup peningkatan akses bantuan modal usaha, peningkatan akses pengembangan SDM dan peningkatan akses sarana dan prasarana yang mendukung langsung sosial ekonomi masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Gapoktan Regge Generation dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa Cukanggenteng yaitu sebagai: 1) Unit usaha penyedia sarana dan prasarana produksi,; 2) Unit usahatani/produksi; 3) Unit usaha pengolahan; 4) Unit usaha pemasaran; dan 5) Unit usaha keuangan mikro (simpan-pinjam). Peran tersebut diwujudkan melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dikakukan oleh Gapoktan Regge Generation, diantaranya yaitu program kas anggota, green house paprika, pelatihan pertanian dan agrowisata kampung labu acar Desa Cukanggenteng. Hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh Gapoktan Regge Generation yaitu diantaranya; 1) dapat mengembangkan modal secara swadaya; 2) bertambahnya komiditi sayur yang ditanam oleh para anggota Gapoktan Regge Generation; 3) bertambahnya wawasan dan skill para anggota Gapoktan Regge Generation; 4) munculnya peluang yang besar dalam mengembangkan sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Cukanggenteng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat; Gapoktan; Regge Generation
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Agustina Wahyuni Noya
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:59
Last Modified: 04 Oct 2022 00:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58975

Actions (login required)

View Item View Item