Persepsi warganet terhadap FTV azab di Indosiar berkaitan dengan keyakinan terhadap azab: Penelitian pada akun twitter @tvindonesiawkwk

Wahab, Hasna Fadlilah (2022) Persepsi warganet terhadap FTV azab di Indosiar berkaitan dengan keyakinan terhadap azab: Penelitian pada akun twitter @tvindonesiawkwk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pergerakan dakwah semakin dinamis mengikuti perkembangan itu. Salah satu bukti perkembangan dakwah adalah dakwah melalui televisi, seperti FTV Azab yang ditayangkan di Indosiar. FTV Azab Indosiar mendapatkan banyak perhatian dari warganet dengan ilustrasinya yang masuk akal. Ilustrasi tersebut dijadikan meme oleh para pembuat meme di media sosial. Menanggapi hal itu, warganet memberikan komentar yang berbentuk lelucon. Persepsi warganet yang memberikan komentar lelucon mengenai FTV Azab ini perlu diketahui, karena ditakutkan dapat memengaruhi keyakinan mereka terhadap azab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi warganet berdasarkan tiga tahapan persepsi yaitu sensasi, atensi dan interpretasi mereka terhadap FTV Azab Indosiar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah faculty theory atau teori fakulti. Teori fakulti merupakan salah satu teori psikologi agama yang menyatakan bahwa sikap keagamaan seseorang dipengaruhi oleh tiga unsur yakni fungsi cipta, rasa dan karsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menjelaskan mengenai gejala atau fakta secara sistematis. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang didapat melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi berupa komentar warganet pada akun twitter @tvindonesiawkwk. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa persepsi warganet berbeda-beda tergantung pada stimulus yang mereka dapatkan. Jika pesan dakwah yang ditampilkan pada FTV Azab diterima secara utuh oleh warganet, maka lelucon yang dilontarkan warganet adalah untuk memberikan kritik. Sedangkan warganet yang memberikan lelucon tentang FTV Azab hanya untuk bergurau, atensi mereka hanya tertuju pada ilustrasi azab yang tidak masuk akal. Selain itu, terjadi pembiasan makna azab setelah melihat FTV Azab Indosiar pada beberapa warganet. Salah satunya adalah rasa takut terhadap azab yang memudar karena ingatan terhadap azab yang sesungguhnya terhalangi oleh ingatan warganet terhadap ilustrasi azab pada Indosiar. Berkaitan dengan teori fakulti bahwa pada beberapa warganet, fungsi cipta dalam menerima stimulus dari FTV Azab Indosiar tidak terlalu kuat dalam mengendalikan fungsi rasa dan karsa. Akan tetapi pada sebagian lainnya fungsi cipta cukup kuat dalam melawan ketidakrasionalan ilustrasi azab sehingga fungsi rasa dan karsa dapat terkendali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi;Warganet;FTV Azab
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Islam > Da'wah
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hasna Fadlilah Wahab
Date Deposited: 01 Oct 2022 06:34
Last Modified: 01 Oct 2022 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58633

Actions (login required)

View Item View Item