Eco-Pesantren: Analisis pemahaman teologi lingkungan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq

Safari, Mochammad Mizwar (2022) Eco-Pesantren: Analisis pemahaman teologi lingkungan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
LOA JRA Mochammad Mizwar S.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(JILID) AFI_Moch Mizwar S_1171010038_Eco Pesantren; Analisis Pemahaman Teologi Lingkungan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq_Artikel Ilmiah.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang terkait keprihatinan atas terjadinya krisis lingkungan akhir-akhir ini yang kiranya dapat diatasi dengan hadirnya Eco-Pesantren sebagai bentuk nyata partisipasi lembaga pendidikan Islam dalam menentang krisis lingkungan atas kesadaran ketuhanan. Penelitian ini hendak menggambarkan pemahaman teologi lingkungan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Kabupaten Bandung sebagai Eco-Pesantren serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, terkhusus dalam aktivitas pertanian di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Pondok Pesantren Al-Ittifaq dengan perspektif teologi lingkungan dalam Islam serta analisis Ekoteologi Tani sebagai sebuah konsep teologi pertanian. Adapun hasil dan pembahasan penelitian ini Al-Ittifaq sebagai lembaga pendidikan Islam dengan sumber daya alam yang melimpah memperlihatkan bahwa pemahaman akan pentingnya untuk tetap menjaganya didasarkan pada ketauhidan yang bersumber dari al-Qur’an, hadits, dan kajian terhadap kitab-kitab para ulama salaf. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Al-Ittifaq dalam memperlakukan lingkungan setidaknya sudah faham akan prinsip-prinsip teologi lingkungan, seperti landasan tauhid. Sekaligus aspek-aspek kepedulian lingkungan di Al-Ittifaq cukup mewakili bentuk pengaplikasian dari teologi lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eco-Pesantren; Ekoteologi Tani; Teologi Lingkungan
Subjects: Islam
Islam > Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Economic of Land and Energy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Filsafat Agama
Depositing User: Mochammad Mizwar
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:48
Last Modified: 29 Sep 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58100

Actions (login required)

View Item View Item