Pengaruh investasi sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dan investasi modal asing terhadap penerimaan Zakat dengan mempertimbangkan pendapatan perkapita sebagai variabel mediasi

Ardhitiana, Nurwahyu Fikri (2021) Pengaruh investasi sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dan investasi modal asing terhadap penerimaan Zakat dengan mempertimbangkan pendapatan perkapita sebagai variabel mediasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah salah satu pilar penting dalam ajaran Islam. Secara etimologis, zakat memiliki arti kata berkembang (an-namaa), mensucikan (atthaharatu) dan berkah (al-barakatu). Sedangkan secara terminologis, zakat mempunyai arti mengeluarkan sebagian harta dengan persyaratan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu (mustahik) dengan persyaratan tertentu pula. Dari perspektif sosiologis, bahwa dana zakat akan sangat membantu orang yang menerimanya (mustahik). Zakat memanhkas kesenjangan sosial, meminimalisir jurang pemisah antara orang kaya dan orang miskin, serta dengan zakat akan tumbuh nilai kekeluargaan dan persaudaraan. Dalam memaksimalkan penerimaan zakat perlu digali factor-faktor yang bisa memberi pengaruh signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Investasi Sumbber aya manusia dalam bidang pendidikan dan investasi modal asing terhadap penerimaan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional dengan mempertimbangkan pendapatan per kapita sebagai varibel mediasi. (penelitian pada laporan keuangan tahunan BAZNAS periode 2009-2019). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis uji normalitas data, analisis asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Badan Amil Zakat dan Badan Pusat Statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Investasi Sumber Daya Manusia dalam Bidang Pendidikan terhadap Penerimaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional. Periode 2009-2019. karena thitung < ttabel sebesar 1,272 < 2,447 sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan variabel Investasi Modal Asing Terhadap Penerimaan Zakat karena thitung < ttabel sebesar -0,591 < 2,447 sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Pendapatan Perkapita terhadap Penerimaan Zakat karena thitung < ttabel sebesar -0,626 < 2,447 sehingga Ho diterima.. Besaran nilai pengaruh tidak langsung Investasi Sumber Daya Manusia dalam Bidang Pendidikan Terhadap Penerimaan Zakat Melalui Pendapatan Perkapita mendapatkan nilai z sebesar -0,20449, karena nilai z yang diperoleh sebesar (-0,20449) < nilai Z mutlak (1,96) dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa Pendapatan Perkapita tidak memiliki kemampuan memediasi. Begitu juga Pengaruh Investasi Modal Asing Terhadap Penerimaan Zakat Melalui Pendapatan Perkapita didapatkan nilai z sebesar 0,2036, karena nilai z yang diperoleh sebesar Z (0,2036) < nilai Z mutlak (1,96) dengan p-value 0,838 > 0,050. Jadi, Pendapatan Perkapita bukan merupakan variabel mediasi yang signifikan antara Investasi Modal Asing terhadap Penerimaan Zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Investasi; Sumber Daya Manusia; Modal Asing; Pendapatan Perkapita; Penerimaan Zakat
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Capitalism Economics
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Nurwahyu Fikri Ardhitiana
Date Deposited: 27 May 2022 06:25
Last Modified: 27 May 2022 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51580

Actions (login required)

View Item View Item