Pengaruh pembelajaran lagu anak Islami terhadap perkembangan moral anak usia dini : Kuasi eksperimen di Kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung

Nuraeni, Rina (2022) Pengaruh pembelajaran lagu anak Islami terhadap perkembangan moral anak usia dini : Kuasi eksperimen di Kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Hasil pengamatan awal pada kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung ditemukan fenomena yang menarik untuk dikaji, yaitu pengembangan moral anak melalui metode ceramah. Perkembangan moral anak didasari oleh adanya pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan. Perkembangan moral anak masih kurang karena faktor individu anak yang berbeda, tidak semua anak dapat menyerap apa yang guru sampaikan mengenai pentingnya moral dalam bermasyarakat melalui metode ceramah. Seperti cara anak dalam berperilaku sopan dan santun kepada guru dan orang tua, anak yang berbicara kasar, dan anak yang meminjam barang milik teman tanpa izin masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan moral anak usia dini melalui metode konvensional di kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung; (2) Perkembangan moral anak usia dini melalui metode lagu anak Islami di kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung; dan (3) Perbedaan perkembangan moral anak usia dini di kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung antara metode konvensional dengan pembelajaran lagu anak Islami. Pengembangan dasar moral anak di bawah 10 tahun berada di fase prakonvensional yang diwarnai dengan penalaran moral, anak menentukan keburukan perilaku berdasarkan tingkat hukuman, dan perilaku baik akan dihubungkan dengan pemuasan keinginan dan kebutuhan. Maka dari itu dapat dirumuskan hipotesis bahwa pembelajaran menggunakan metode lagu anak Islami dapat mempengaruhi perkembangan moral anak karena metode lagu memberikan pengaruh positif, mengasyikkan dan tidak membebani anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh anak di kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung berjumlah 14 anak yang terdiri dari tujuh anak di kelompok konvensional dan tujuh anak di kelompok eksperimen ditetapkan menjadi responden penelitian. Alat pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data di kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung untuk kelompok konvensional (metode ceramah) mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 54,57 masuk pada kategori kurang dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,42 masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk kelompok eksperimen melalui pembelajaran lagu anak Islami mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 57,43 masuk pada kategori kurang dan posttest sebesar 87,28 masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,627 > 2,447, maka ada pengaruh yang signifikan atau Ha diterima. Artinya pembelajaran lagu anak Islami berpengaruh terhadap perkembangan moral anak usia dini. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran lagu anak Islami secara signifikan terhadap perkembangan moral anak usia dini di Kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Lagu Anak Islami; Perkembangan Moral; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rina Nuraeni
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:27
Last Modified: 18 Apr 2022 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50277

Actions (login required)

View Item View Item