Pemahaman tentang kiamat dalam al-Quran juz 30 karya Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB

Rohaendi, Hendi (2020) Pemahaman tentang kiamat dalam al-Quran juz 30 karya Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Iman kepada Hari Kiamat adalah salah satu dasar agama. Orang-orang beriman harus meyakini dan mengimani akan adanya Hari Kiamat. Kiamat dalam Al-Quran juz 30 digambarkan dengan berbagai kehancuran yang terjadi di tata surya, termasuk di bumi. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang ayat-ayat kiamat dalam Al-Quran juz 30 dan memfokuskan kepada Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah Atas Juz’Amma karya Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB dalam Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah Atas Juz ‘Amma tentang ayat-ayat kiamat yang meliputi bentuk kehancuran yang terjadi di dunia dan penyebab terjadinya kehancuran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis/analisis isi yakni dengan meneliti langsung pada studi pustakanya yaitu Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah Atas Juz ‘Amma karya Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB, juga buku-buku pendukung lainnya mengenai ayat-ayat kiamat dan sains. Hasil dari analisa terhadap Tafsir Salman diperoleh di dalam tafsirnya terdapat 21 ayat dalam juz ‘amma yang menjelaskan tentang kiamat yang dapat dijelaskan secara ilmiah, diantaranya pada QS. Al-Nazi’at ayat: 1-5 dan 34, QS. Al-Takwir ayat: 1-3 dan 6, QS. Al-Infitar ayat: 1-4, QS. Al-Insyiqaq ayat:1, 3 dan 4, QS. Al-Zalzalah ayat: 1 dan 2, QS. Al-Qari’ah ayat: 4 dan 5. Namun, dalam menafsirkan QS. Al-Nazi’at ayat: 1-5, meskipun dalam tafsirnya merujuk pada tafsir ilmiah terdahulu bahwa ayat 1-5 berbicara proses kehancuran alam semesta, beberapa pakar dari Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB menemukan penafsiran baru bahwa ayat 1-5 bukan berbicara mengenai proses kehancuran melainkan proses terciptanya alam semesta yang dikenal dengan teori Big Bang. Dalam menafsirkan ayat-ayat kiamat, para pakar dari ITB memilah ayat-ayat yang bisa ditafsirkan secara ilmiah sebagaimana riset pada fenomena alam yang terjadi seperti tentang periode matahari dan bintang-bintang, gunung meletus, gempa bumi, dan lain sebagainya, lalu diperkuat dengan rujukan dari buku pendukung dan pendapat ulama terdahulu. Sedangkan untuk ayat-ayat kiamat yang menunjukkan peristiwa yang terjadi di alam akhirat, mereka merujuk pada penafsiran ulama terdahulu. Dalam Tafsir Salman, peristiwa kiamat secara ilmiah terjadi karena dua sebab. Pertama, Teori Big Crunch yang membuat benda-benda langit kehilangan tak seimbang dan bertabrakan. Kedua, terjadinya peluruhan atom yang menyusun alam semesta yang mengakibatkan alam semesta tidak stabil dan kehilangan energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kiamat; juz 30; salman ITB;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Hendi Rohaendi
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:47
Last Modified: 25 Oct 2021 05:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44030

Actions (login required)

View Item View Item