Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penarapan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Persis 29 Kota Bandung

Suherman, Ismy Uswathun Syahriatillah (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penarapan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Persis 29 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas III MI Persis 29 Kota Bandung diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS 65 dengan kategori cukup, namun nilai tersebut masih di bawah 70 sebagai batas nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa diduga karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), kemudian pemilihan model pembelajaran yang tidak inofatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model cooperative learning tipe example non-example pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang; (2) penerapan model cooperative learning tipe example non-example pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang; (3) hasil belajar siswa sesuadah menggunakan model cooperative learning tipe example non-example pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang di kelas III MI Persis 29 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model cooperative learning tipe example non-example dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari asumsi teori tersebut dirumuskan hipotesis bahwa penerapan model cooperative learning tipe example non-example diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang di kelas III MI Persis 29 Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Responden atau subjek penelitian ini sebanyak 31 orang. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model cooperative learning tipe example non-example sebesar 67,05 dengan kategori cukup. Proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperarive learning tipe example non-example berjalan dengan baik terbukti dengan hasil observasi aktivitas siswa selalu meningkat. Pada siklus I 69,73% dengan kategori cukup. Pada siklus II 76,33% dengan kategori baik, dan siklus III 81,12% dengan kategori baik. Demikian oula halnya hasil observasi aktivitas guru, pada siklus I 77,77% dengan kategori baik, siklus II 89,47% dengan kategori sangat baik, dan siklus III 100% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model cooperarive learning tipe example non-example mengalami peningkatan pula, yaitu pada siklus I sebesar 77,25 dengan kategori baik, pada siklus II 85,06 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III 91,84 dengan kategosi sangat baik. Adapun ketuntasan belajar klasifikasinya pada siklus I sebesar 78,57% dengan kategori baik, siklus II sebesar 82,14% dengan kategori baik, dan siklus III 100% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran cooperative learning tipe example non example; hasil belajar
Subjects: Cooperative > Cooperative of Indonesia
Elementary Education > Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismy Uswathun Syahriatillah Asuherman
Date Deposited: 14 Sep 2021 08:21
Last Modified: 14 Sep 2021 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42765

Actions (login required)

View Item View Item