Pengembangan model manajemen pelatihan penelitian tindakan kelas PTK berbasis aplikasi sistem informasi manajemen e-Training aplikasi Perma Pendis Indonesia SIMeT APPI: Penelitian pada organisasi penggerak perkumpulan manajer pendidikan Islam Indonesia

Romdoni, Angwar (2021) Pengembangan model manajemen pelatihan penelitian tindakan kelas PTK berbasis aplikasi sistem informasi manajemen e-Training aplikasi Perma Pendis Indonesia SIMeT APPI: Penelitian pada organisasi penggerak perkumpulan manajer pendidikan Islam Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

E-Training merupakan salah satu bentuk atau jenis kegiatan untuk pengembangan kompetensi guru namun demikian model manajemen E-Training yang ada belum bisa dilakasankan secara efektif maka diperlukan adanya model manajemen E-Training berbasis aplikasi yang efektif. Pendidikan pada masa sulit ini, maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul penelitian sebagai berikut “Pengembangan Model Manajemen Pelatihan PTK Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen E-Training Aplikasi Perma Pendis Indonesia (SIMeT APPI) Pada Organisasi Penggerak Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia. Rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan manajemen berbasis aplikasi yaitu Menganalisisi, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kebutuhan Pelatihan PTK secara elektronik dengan Model Manajemen Pelatihan Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen E-Training (SIMet APPI) Pada Organisasi Perkempulan Manajer Pendidikan Islam (Perma Pendis) Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada Organisasi profesi Pekumpulan Manajer Pendidikan Islam (PERMA PENDIS) Indonesia, untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pelatihan online penelitian tindakan kelas (PTK), pada guru SMPN di Kota bandung. Penelitian ini menggunakan 21 dari 44 peserta yang mengikuti webinar daring sebagai responden dan dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis, metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik bidang tertentu secara faktual dan cermat, dengan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada tanpa mengadakan manipulasi atau perubahan, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Atas dasar tersebut, penelitian ini berusaha mendeskripsikan data-data kualitatif yang berhubungan dengan aspek manajemen pelatihan di Perma Pendis Indonesia. Hasil Penelitian dari data yang diperoleh bahwa pelatihan PTK yang di laksanakan Perma Pendis pada SMPN di Kota Bandung berdasarkan empat tahapan yaitu: (1)adanya analisis kebutuha pelatihan; (2) menyususn perencanaan pelatihan; (3) pelaksanaan pelatihan; (4) evaluasi pelatihan pasca webinar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelatihan; Kompetensi Kepribadian Guru; Aplikasi SIMET APPI
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Angwar Romdoni
Date Deposited: 16 Aug 2021 00:01
Last Modified: 31 Jan 2022 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41919

Actions (login required)

View Item View Item